Sidang Kasus Suap Bupati Kebumen Segera Digelar Pengadilan Tipikor Semarang

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang akan segera menggelar sidang perkara kasus korupsi yang melibatkan Bupati Nonaktif Kebumen, Yahya Fuad.

Yahya terlibat kasus suap sejumlah proyek di daerah Kebumen tersebut.

Berkas perkara Yahya pun, dilimpahkan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK, ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang, pada Kamis (21/6/2018).

“Setidaknya ada dua berkas yang dilimpahkan, Bupati Kebumen dan anggota tim sukses bupati Hojin Anshori yang akan segera disidangkan,” kata Jaksa KPK, Joko Hermawan.

Dikatakan oleh Joko, bahwa Yahya sebagai penerima suap, yang akan dijerat secara alternatif dengan pasal 12a atau 11 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dan ditambahkan dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Sedangkan, untuk Hojin Anshori yang berperan sebagai perantara dalam tindak pidana suap itu.

Dimana dalam perkara ini, Bupati Kebumen diduga menerima suap dari seorang pengusaha, yang bernama Khayub Muhammad Lutfi.

Khayub sendiri merupakan calon Bupati Kebumen yang merupakan rival Yahya Fuad saat pilkada. Selain itu, Khayub juga diadili secara terpisah dalam perkara ini.

Tidak hanya itu, Panitera Muda Pidana Pengadilan Tipikor Semarang, Heru Sungkowo membenarkan berkas perkara Bupati Kebumen telah dilimpahkan.

“Selanjutnya, akan ditentukan jadwal sidang serta untuk tim majelis hakim yang akan menyidangkan perkara tersebut,” kata Heru.(*)

Sumber : http://jateng.tribunnews.com/2018/06/21/sidang-kasus-suap-bupati-kebumen-segera-disidangkan-di-pengadilan-tipikor-semarang

Tinggalkan Balasan