Jokowi: Saya Sedih Kalau Datang ke Daerah Keluhannya Sengketa Tanah

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan dalam Perayaan Natal Bersama tingkat Nasional di Rumah Radakng, Pontianak, Kalimantan Barat (28/12/2017)

Dalam setiap kunjungan kerja, Presiden Joko Widodo ( Jokowi) sering kali membagikan sertifikat tanah kepada masyarakat. Tak terkecuali saat melakukan kunjungan kerja ke Tegal, Jawa Tengah, Senin (15/1/2018) lalu. Presiden Jokowi mengaku, sering sedih ketika menjumpai masyarakat yang curhat lantaran harus menghadapi sengketa tanah. “Saya paling sedih kalau datang ke daerah, kabupaten, provinsi, keluhannya sengketa tanah. Tetangga dengan tetangga, individu dengan masyarakat, individu dengan BUMN, anak dengan orang tua, rame gara-gara urusan sertifikat, urusan tanah,” kata Presiden dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (19/1/2018). Tak heran bila saat ini Pemerintah terus menggenjot penerbitan sertifikat tanah, guna mengurangi persoalan sengketa di daerah. Presiden mengatakan, sertifikat merupakan sebuah bentuk kepastian hukum atas tanah. Oleh karena itu, tidak akan ada satu pun pihak yang berani mengguggat, bila masyarakat telah mengantonginya. Saat kunjungan kerja ke Tegal, Presiden kembali membagikan 5.500 sertifikat bagi masyarakat yang berasal dari sejumlah wilayah. Penerima terbanyak yaitu Kabupaten Tegal (3.000 penerima), disusul Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Brebes masing-masing 1.000 penerima, serta Kota Tegal sebanyak 500 penerima.

Sumber : https://properti.kompas.com/read/2018/01/20/210000721/jokowi-saya-sedih-kalau-datang-ke-daerah-keluhannya-sengketa-tanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *