6 Alasan yang Bisa Mempercepat Proses Perceraian

Seperti yang telah disebutkan, tahapan perulangan replik dan duplik pada sidang perceraian menjadi momen yang kerap membuat sidang berlangsung lama. Namun, ada 6 alasan yang bisa membuat Anda bisa mengurus perceraian secara cepat. Enam alasan tersebut adalah:

Suami atau istri yang meninggalkan pasangan lebih dari 2 tahun

Alasan pertama yang dapat menguatkan sekaligus mempercepat proses pengurusan perceraian adalah ketika seseorang meninggalkan pasangannya dalam waktu lama, mencapai lebih dari 2 tahun. Apalagi, ketika hal tersebut tidak disertai dengan alasan yang kuat. Gugatan perceraian yang diajukan pun bakal diterima oleh hakim.

Pasangan yang memiliki kelakuan sangat buruk

Seorang istri atau suami yang dalam kehidupan rumah tangga menunjukkan kelakuan yang sangat buruk juga bisa dipakai sebagai alasan untuk mengajukan cerai. Apa saja hal yang termasuk kelakuan buruk itu?

Cukup banyak, di antaranya adalah ketika pasangan merupakan seorang pelaku zina, penjudi, pecandu narkoba, pemabuk, dan sebagainya.

Pasangan yang menderita cacat atau penyakit

Dalam kehidupan rumah tangga, setiap orang tentu harus memenuhi hak serta kewajiban tertentu. Ketika seseorang mengalami sakit yang parah atau cacat pada salah satu bagian tubuhnya, dan mengakibatkan dirinya tak bisa memenuhi kewajibannya kepada pasangan, maka hal ini dapat pula dijadikan alasan untuk mengurus perceraian secara cepat.

Pasangan yang sulit untuk hidup damai, bertengkar secara terus-menerus

Pasangan suami istri yang setiap harinya bertengkar karena beragam alasan dan sulit untuk kembali damai, juga bisa menjadi alasan utama dalam pengajuan cerai.

Apalagi, dalam kondisi seperti itu, kedua belah pihak mengalami kesulitan untuk bisa hidup damai dengan pihak yang lain. Dalam kondisi ini, pihak pengadilan pun bakal sulit untuk menolak pengajuan permohonan atau gugatan cerainya.

Pasangan yang memperoleh hukuman penjara lima tahun atau lebih

Seorang pasangan, baik suami atau istri yang terbukti melakukan kejahatan dan memperoleh vonis hukuman penjara juga bisa menjadi alasan untuk mengurus perceraian secara cepat. Apalagi, ketika vonis yang diberikan adalah hukuman penjara 5 tahun atau lebih.

Pasangan yang terbukti melakukan tindakan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) berat

Kebiasaan melakukan kekerasan terhadap pasangan menjadi alasan yang dapat dipakai dalam mengajukan perceraian berikutnya. Apalagi, ketika kekerasan tersebut dapat mengancam jiwa pasangan. Dalam kondisi ini, majelis hakim akan memprioritaskan pengajuan gugatan cerai sehingga bisa cepat selesai.

Sumber : https://kantorpengacara.co/kiat-kiat-mengurus-perceraian-secara-cepat/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *